Senin, 21 Maret 2011

0 tidak semua "permainan" itu tak bermanfaat

banyak sekali permainan2 yang muncul pada masa sekarang ini, mulai dari permainan tradisional seperti congklak, lompat tali, gansing kayu, sampai permainan digital seperti pes, call of duty, point blank, grand theft auto, dan game2 yang agan kenal lainnya dan tentunya banyak sekali game2 yang tidak bermanfaat den malah memberi moral buruk pada seseorang yang memainkannya, misalnya gta, udah tau permainan ini berating "M" atau "mature" yang berarti dewasa, tapi masih aja ada anak2 yg mainin nih game permainan ini membolehkan kita untuk membunuh semua orang di kota dengan cara sesadis-sadisnya, bahkan kita bisa memotong tubuh orang dengan gergaji mesin  .adegan tersebut sangatlah tidak baik untuk anak-anak di bawah umur, mengingat mereka masih belum mempunyai pendirian yang kuat, bisa jadi gara2 maen gta trus sejak kecil, udah gedenya jadi psikopa.
namun selain game tidak bermanfaat selain gta tadi, ada juga game yang mendidik dan bermanfaat, bahkan menigkatkan kinerja otak kita
contoh: Scrabble, catur, lego ,rubik,sudoku, dll.


scrabble adalah permainan papan dan permainan menyusun kata yang dimainkan 2 atau 4 orang yang mengumpulkan poin berdasarkan nilai kata yang dibentuk dari keping huruf di atas papan permainan berkotak-kotak (15 kolom dan 15 baris).

Biji permainan berupa keping berbentuk bujur sangkar yang bertuliskan huruf pada salah satu sisi. Pemain mengambil hingga sebanyak tujuh buah keping huruf dari kantong, dan berusaha menyusun kata secara mendatar atau menurun seperti teka-teki silang. Kata-kata yang dibuat harus merupakan kata yang diizinkan untuk dimainkan berdasarkan kamus standar sesuai dengan bahasa yang dimainkan. Pemain yang mengumpulkan total poin tertinggi dinyatakan sebagai pemenang.



  • Scrambble
Scrabble dijual di 121 negara dalam 29 versi bahasa-bahasa di dunia. Seratus juta set permainan scrabble terjual di seluruh dunia, dan setiap tiga keluarga di amerika memiliki satu set permainan scrabble.


  • Catur 
catur adalah permainan mental yang dimainkan oleh dua orang. Pecatur adalah orang yang memainkan catur, baik dalam pertandingan satu lawan satu maupun satu melawan banyak orang (dalam keadaan informal). Sebelum bertanding, pecatur memilih biji catur yang akan ia mainkan. Terdapat dua warna yang membedakan bidak atau biji catur, yaitu hitam dan putih. Pemegang buah putih memulai langkah pertama, yang selanjutnya diikuti oleh pemegang buah hitam secara bergantian sampai permainan selesai.
  •  Lego
lego adalah sejenis alat permainan bongkah plastik kecil yang terkenal di dunia khususnya di kalangan anak-anak atau remaja tidak pandang lelaki ataupun perempuan. Bongkah-bongkah ini serta kepingan lain bisa disusun menjadi model apa saja. Mobil, kereta api, bangunan, kota, patung, kapal, kapal terbang, pesawat luar angkasa serta robot, semuanya bisa dibuat.

Alat permainan ini dikeluarkan oleh perusahaan lego dari denmark.

  •  Rubik's cube
rubik's adalah sebuah teka-teki mekanik yang ditemukan pada tahun 1974 oleh pemahat dan profesor arsitektur hungaria, ernő rubik. Kubus ini terbuat dari plastik dan terdiri atas 26 kubus kecil yang berputar pada poros yang terlihat. Setiap sisi dari kubus ini memiliki sembilan permukaan yang terdiri dari enam warna yang berbeda. Ketika teka-teki ini terpecahkan, setiap sisi dari kubus ini memiliki satu warna dan warna yang berbeda dengan sisi lainnya.

Kubus ini dibuat kembali dan dipasarkan di kawasan eropa pada mei, 1980. Rubik's dianggap merupakan mainan yang paling banyak terjual di dunia, dengan sekitar 300 juta kubus rubik's termasuk imitasinya terjual.

  • Sudoku 
sudoku (数独, sūdoku?), juga dikenal sebagai number place atau nanpure, adalah sejenis teka-teki logika. Tujuannya adalah untuk mengisikan angka-angka dari 1 sampai 9 ke dalam jaring-jaring 9×9 yang terdiri dari 9 kotak 3×3 tanpa ada angka yang berulang di satu baris, kolom atau kotak. Pertama kali diterbitkan di sebuah surat kabar perancis pada 1895 dan mungkin dipengaruhi oleh matematikawan swiss leonhard euler, yang membuat terkenal latin square.

Versi modern permainan ini dimulai di indianapolis pada 1979. Kemudian menjadi terkenal kembali di jepang pada 1986, ketika penerbit nikoli menemukan teka-teki ini yang diciptakan howard garns.

Nama "sudoku" adalah singkatan bahasa jepang dari "suuji wa dokushin ni kagiru" (数字は独身に限る?), artinya "angka-angkanya harus tetap tunggal".

  • Halma
halma adalah permainan menggunakan papan yang ditemukan tahun 1883 oleh american thoracic surgeon di harvard medical school , terinspirasi dari permainan inggris bernama hoppity, yang dirancang tahun 1854.
  • TTS(Crossword) 
crossword atau teka teki silang adalah suatu permainan di mana kita harus mengisi ruang-ruang kosong (berbentuk kotak putih) dengan huruf-huruf yang membentuk sebuah kata berdasarkan petunjuk yang diberikan. Petunjuknya biasa dibagi ke dalam kategori 'mendatar' dan 'menurun' tergantung arah kata-kata yang harus diisi.    

0 komentar:

Posting Komentar

 

ADITYA BLOG Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates